Dengan peluncuran musim F3 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, berikut semua yang perlu Anda ketahui menjelang musim baru.
Menyusul dominasi Gabriel Bortoleto pada tahun 2023, musim ini kini membawa pertanyaan baru bagi junior Williams, Luke Browning dianggap sebagai favorit awal di depan Dino Beganovic dan pembalap berpengalaman lainnya.
Sementara itu Arvid Lindblad memimpin sejumlah pemula yang akan mengikuti jejak Bortoleto di musim perdananya di F3.
Berikut panduan segala hal yang perlu Anda ketahui tentang musim F3 2024 mulai dari tim dan pembalap hingga perubahan jadwal dan peraturan.
Tim & Pembalap
Sakelar Pengemudi
Gabriele Mini meninggalkan Hitech GP untuk bergabung dengan PREMA setelah Zak O’Sullivan lulus ke F2 dengan ART GP. Oliver Goethe dan Sebastian Montoya meninggalkan Trident dan Hitech GP untuk bergabung dengan Campos menggantikan Pepe Marti – yang telah lulus ke F2 – dan Hugh Barter. Mari Boya pindah ke Campos dari MP Motorsport menggantikan Christian Mansell yang pindah ke ART GP menggantikan Kaylen Frederick. Sophia Floersch telah meninggalkan PHM AIX Racing untuk bergabung dengan Van Amersfoort Racing (VAR) menggantikan Caio Collet, yang beralih ke Indy NXT. Nikita Bedrin beralih dari Jenzer ke PHM AIX Racing menggantikan Roberto Faria yang keluar kategori tersebut. Joshua Dufek telah bergabung dengan PHM AIX Racing selama satu musim penuh, setelah sebelumnya melaju ke Campos di babak final musim 2023. Piotr Wisnicki akan membalap untuk Rodin musim ini setelah sebelumnya ia membalap untuk PHM AIX Racing di empat putaran pembuka musim 2023.
Perubahan Pengemudi
Arvid Lindblad telah naik dari F4 Italia untuk menggantikan Paul Aron di PREMA, dengan Aron lulus ke F2 dengan Hitech GP. Sami Meguetounif telah melangkah dari FRECA untuk menggantikan juara bertahan – Gabriel Bortoleto di Trident karena Bortoleto tidak diizinkan untuk melanjutkan di F3, sementara Santiago Ramos menggantikan Goethe setelah pembalap Jerman itu pindah ke Campos. Tim Tramnitz telah lulus dari FRECA untuk menggantikan Franco Colapinto di MP Motorsport setelah pemain Argentina itu pindah ke F2. Kacper Sztuka telah bergabung dengan MP Motorsport setelah perpindahan Boya ke Campos, sementara Alex Dunne menggantikan Jonny Edgar yang meninggalkan kategori tersebut untuk membalap di Le Mans Eropa. Martinius Stenshorne telah lulus dari FRECA dan bergabung dengan Hitech GP sebagai pengganti Mini setelah pembalap Italia itu pergi untuk bergabung dengan PREMA. Cian Shields telah lulus dari EuroFormula untuk menggantikan Montoya di Hitech GP. Charlie Wurz telah naik dari EuroFormula untuk menggantikan Bedrin di Jenzer menyusul kepindahan pembalap Rusia itu ke PHM AIX Racing Max Esterson dan Matias Zagazeta telah lulus dari GB3 dan FRECA untuk menggantikan Taylor Barnard dan Alejandro Garcia. Barnard telah lulus ke F2 sementara Garcia bergabung dengan Asian Le Mans. Juara EuroFormula 2023, Noel Leon menggantikan Rafael Villagomez setelah pembalap Meksiko itu lulus ke F2. Laurens van Hoepen telah pindah dari FRECA untuk menggantikan Gregoire Saucy di ART GP menyusul kepergian pembalap Swiss itu untuk balapan di World Endurance Championship. Tasanapol Inthraphuvasak telah lulus dari Eurocup-3 menggantikan Floersch di PHM AIX Racing. Juara GB3 2023 Callum Voisin lulus ke dalam kategori tersebut bersama Rodin menyusul kepindahan Oliver Gray ke Le Mans Eropa. Joseph Loake telah lulus dari GB3 untuk bergabung dengan Rodin sebagai pengganti Ido Cohen setelah pembalap Israel itu meninggalkan kategori tersebut.
Kalender Balapan 2024
Tempat Putaran Tanggal 1 Sakhir, Bahrain 29 Februari – 2 Maret 2 Melbourne, Australia 22-24 Maret 3 Imola, Italia 17-19 Mei 4 Monaco 23-26 Mei 5 Barcelona, Spanyol 21-23 Juni 6 Styria, Austria 28-30 Juni 7 Silverstone, Inggris Raya 5-7 Juli 8 Budapest, Hongaria 19-21 Juli 9 Spa-Francorchamps, Belgia 26-28 Juli 10 Monza, Italia 30 Agustus – 1 September Imola kembali masuk kalender setelah dibatalkan selama musim 2023 demi alasan keamanan, menyusul banjir di wilayah Emilia Romagna, Italia.
Perubahan Aturan
Karena berbagai jarak balapan yang diperpendek pada tahun 2023 karena masalah keselamatan seputar ban medium, Pirelli akan memperkenalkan kompon ban medium baru untuk musim 2024. Jika pembalap dianggap bersalah karena bendera merah di Kualifikasi, waktu putaran tercepat mereka akan dihapus dan mereka akan dilarang berpartisipasi di sisa sesi tersebut.